Jadikan Daftar Pemilih berkualitas, KPU Kudus adakan Bimtek dengan PPK

Bagikan ke :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komisioner KPU Kab Kudus Syafiq Ainurridho menyampaikan materi Bimtek
Komisioner KPU Kab Kudus Syafiq Ainurridho menyampaikan materi Bimtek

Kudus, Kpu-kuduskab.go.id-  Mendekati Gerakan Coklit Serentak 20 Januari 2018 mendatang, KPU Kabupaten Kudus mengadakan Bimtek Coklit PPDP dan Teknis Pemutakhiran Data dan Penyususn Daftar Pemilih. bimtek ini diikuti oleh semua Anggota PPK se Kabupaten Kudus bertempat di Hotel @Home (11/1), tujuannya adalah untuk membekali PPK, PPS, dan Petugas, Pemutakhiran Data pemilih (PPDP) Tentang Teknis coklit dan Penyusun Daftar Pemilih Sehingga nantinya Daftar Pemilih Pilgub Jateng dan Pilbup Kudus 2018 bisa akurat dan mutakhir. fokus sekarang untuk PPK adalah mendata pemilih dengan Akurat dan Faktual.

Selain itu sasaran bimtek ini mendata  pemilih pemula berdasarkan ketentuan di PKPU nomor 2 tahun 2017 pasal 8 ayat 3 sinkronisasi data dilakukan dengan cara menambahkan Pemilih pemula ke dalam DPT Pemilu atau Pemilihan Terakhir.  Pemilih Pemula merupakan pemilih yang belum pernah terdaftar dalam pemilu/pemilihan sebelumnya.

Kegiatan ini diisi langsung oleh Komisioner KPU Kabupaten Kudus Divisi Perencanaan dan Data Syafiq Ainurridho, Ia menyampaikan bahwa semua orang punya hak pilih dan memilih dalam Pemilu maupun Pilkada, diterangkan pula  syarat-syarat menjadi pemilih diantaranya Pertama Warga Negara Indonesia yang pada pemungutan suara telah berusia 17 tahun atau sudah menikah /pernah menikah. Kedua tidak sedang terganggu jiwa/ingatannya, dan jika ada warga yang sedang terganggu jiwa/ingatannya harus dibuktikan dengan surat keterangan dokter. Ketiga bukan menjadi Anggota TNI/Polri akktif dan terakhir Berdomisili di daerah Pemilihan ysng dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk Elektronik/ Surat Keterangan (Suket).

Pemilih hanya didaftar 1 (satu) kali dalam daftar pemilih, jika pemilih terdaftar dilebih dari 1 (satu) tempat tinggal, pemilih dimaksud didaftar sesuai dengan alamat yang tercantum dalam E-KTP/ Surat Keterangan. Coklit ini dilakukan langsung oleh PPDP dengan cara mendatangi langsung kerumah pemilih dan menindaklanjuti usulan RT atau RW. Aktivitas coklit ini ada 11 macam dengan Klarifikasi, 1 aktivitas melakukan pencatatan Pemilih yang memenuhi syarat namun belum terdaftar dalam pemilih A-KWK. 1 Akivitas melakukan perbaikan data pemilih apabila terdapat kesalahan dan 10 aktivitas melakukan pencoretan.

Adapun tahapan Coklit PPDP dimulai Persiapan (9-19 Januari 2018) dilanjutkan Pelaksanaan (20 Januari-18 Februari 2018) dan yang terakhir adalah Pelaporan (28-Januari-18 Februari 2018). Jadi KPU, PPK, PPS, PPDPberkerja serius dalam hal ini agar semua masyarakat kudus bisa menyampaikan aspirasinya dalam Pilkada ini. Setelah Bimtek PPK ini, selanjutnya PPK akan melakukan Bimtek yang sama kepada PPS, dan PPS akan melakukan Bimtek pula kepada PPDP, di akhiri Bimtek diputarkan Video mekanisme Coklit yang benar agar bisa dijadikan acuan dalam terjun lapangan.

Pemilu merupakan prasyarat bagi demokrasi dan kualitas demokrasi bergantung dari kualitas pemilu itu sendiri. Semakin baik kualitas pemilihan, semakin baik kualitas demokrasi.Kualitas pemilu ditentukan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah bagaimana menyusun daftar pemilih yang akurat, komprehensif dan mutakhir. Pungkas Syafiq Ainurridho diakhir acara.

Yuk pastikan diri kita semua terdaftar sebagai Pemilih di Pilgub Jateng dan Pilbup Kudus 2018. (MNF)


Bagikan ke :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •